Kamis, 15 November 2007

Mitos Seks, dari "Tangkur" Buaya Sampai "Daun Muda"

Berbagai mitos seks yang beredar di masyarakat telah menyebabkan pria merasa sebagai makhluk seksual yang lebih hebat daripada wanita.

Bahkan, wanita dianggap sebagai makhluk yang aseksual. Karenanya banyak pria yang menganggap urusan seks tidak penting bagi wanita. Dengan kata lain wanita dianggap hanya bertugas melayani kebutuhan seksual pria, bukan sebaliknya yakni saling melayani.

Ini merupakan suatu anggapan yang dapat menimbulkan akibat cukup parah --khususnya dalam hubungan suami istri.

Pria, yang selalu diunggulkan oleh mitos-mitos itu, akan merasa sangat kecewa dan terpukul kalau ternyata ia tidak lebih hebat dari wanita pasangannya. Pria dapat merasa sangat kecewa kalau ternyata ia gagal memberi kepuasan seksual pada wanita. Bahkan, tidak sedikit pria yang kemudian menderita disfungsi ereksi karena perlakuan sang istri yang melecehkannya akibat tidak pernah merasakan kepuasan seksual.

Karena mitos seks, banyak orang yang melakukan upaya untuk memenuhi harapan sesuai dengan mitos itu. Tidak jarang yang kemudian mengalami akibat buruk karena upaya yang dilakukan tidak benar.

Berikut sejumlah mitos seks yang beredar di masyarakat:

Hubungan seksual dengan orang yang lebih muda dapat membuat awet muda. Benarkah?

Ada anggapan yang menyatakan bahwa hubungan seksual dengan anak muda akan menyebabkan awet muda. Karenanya banyak pria tua mencari wanita muda agar menjadi awet muda, sehingga muncul istilah “daun muda”. Sebaliknya banyak pula wanita pekerja seks membujuk anak jalanan agar terangsang dan mau melakukan hubungan seksual sebagai “obat awet muda”, walaupun dalam hal ini belum muncul istilah "batang muda" .

Tentu saja fenomena ini sangat merugikan bahkan membahayakan bagi anak-anak jalanan itu. Kemungkinan mereka tertular Penyakit Menular Seksual (penyakit kelamin) sangat besar. Kalau penyakit yang menularinya adalah penyakit yang “biasa” dan mudah disembuhkan, mungkin bukan suatu masalah besar. Tetapi bagaimana kalau anak-anak itu tertular HIV/AIDS?

Yang pasti, tidak ada dasar ilmiah yang membenarkan bahwa hubungan seksual dengan anak muda akan menyebabkan awet muda. Anggapan ini jelas salah dan hanya merupakan suatu mitos.

Selengkapnya...

Oleh: Prof. DR. Dr. Wimpie Pangkahila, Sp. And, Dokter Ahli Andrologi dan Seksologi

Tidak ada komentar: